Sabtu, 15 Juni 2013

jenis-jenis budaya batak


Berbagai Jenis Suku dan Budaya Batak
Pada topik ini saya sendiri akan menjelaskan adanya berbagai jenis suku-suku yang ada dalam budaya Batak, karena saya sendiri dilahirkan dalam suku ini :) .
Saya akan menjelaskan terelebih dahulu secara ringkas mengenai suku batak sebelum saya akan menjelaskan adanya jenis dari suku batak itu. Pertama saya akan memulai pengertian apa itu suku Batak ?. Batak sendiri merupakan salah satu jenis suku dari puluhan suku yang ada di Indonesia. Batak adalah suku yang terdapat di bagian Sumatra Indonesia . Banyak orang mengenal bahwa suku batak itu sendiri merupakan suku yang keras dan memiliki tempramen yang tinggi. Mungkin itu terjadi karena letak dari suku tersebut yang ada dibagian ujung Indonesia, dan sebenarnyatidak semua dari suku batak tersebut serupa dengan sifat-sifatnya.
Saya akan memberikan penjelasan mengenai adanya jenis dari suku batak, pertama akan saya mulai dari :
  • Batak Karo 
http://3.bp.blogspot.com/-pQrMSurqs7U/T1yKH3hidxI/AAAAAAAAACc/rRjNo9PsNv8/s320/karo.jpg
   Gambar disamping merupakan gambar dari rumah adat yang ada di batak karo. Batak karo sendiri ini berdiam di daerah karo yang ada di Sumatera Utara dan memiliki sejumlah kepala keluarga yang berdiam didalamnya. Batak Karo ini memilik bahasa keseharian yang meraka gunakan sendiri yaitu bahasa "batak karo". Mungkin saja bahasa itu sendiri hanya orang-orang karo sendirilah yang dapat mengerti bahasa daerah mereka terlepas dari jenis batak yang lain, bahasa itu sendiri memiliki logat dan mimik yang berbeda dari jenis bahasa batak yang ada, intonasi yang mereka gunakan lebih terkesan tinggi dan sulit di lafalkan.
Batak Karo sendiri memiliki beberapa marga yang ada didalamnya seperti : Ginting, Sembiring, Perangin-angin. ketiga marga tersebut merupakan marga-marga yang ada di dalam batak karo
Batak karo juga memiliki berbagai macam budaya yang mereka jalani yaitu :
  • Ndilo Udan : tradisi yang mereka gunakan untuk memangil hujan
  • Erpangir Kulau : tradisi penyucian diri dari sial yang nantinya akan datang
  • Mengket Rumah Baru : tradisi yang mereka lakukan untuk memasuki rumah baru
  • Motong Rambai : tradisi yang mereka jalani untuk menyambut adanya bayi baru dengan para sanak saudara memotong rambutbayi tersebut
Dan ada beberapa budaya lagi yang mereka jalani untuk keseharian mereka. Pakaian adat yang mereka kenakan sendiri yaitu pakaian dengan warna merah terang dengan topi pada pria yang memiliki dua pucuk runcing
  • Batak Toba
 Ini merupakan salah satu jenis juga dari suku batak yang ada. Batak toba merupakan satu-satunya jenis batak yang terkesan kalem dan modern dari face dan perilakunya. Batak toba ini memiliki danau terbesar yang ada di tanah air ini yaitu "danau toba" karena letaknya yang berada disekitar wilayah dari batak toba. Batak toba merupakan satu jenis batak yang memiliki wilayah tinggal yang cukup banyak dari jenis batak lainya wilayah itu meliputi : Silaen, Balige, Porsea, Laguboti dan berbagai diwilayah lainya.
Batak Toba sendiri juga memiliki beberapa marga yang ada didalamnya , yaitu :
  • Sihaloho                                      
  • Situngkir
  • Silaen
  • Napitupulu 
  • Simagunsong 
  • Marpaung  
  • Simanjuntak
 Secara umum marga-marga dari batak ini memiliki awalan "si" pada bagian depannya. Budaya di batak toba sendiri yaitu mereka mengadakan adanya tor-tor , yaitu tarian yang dilakukan biasanya ada perayaan khusus pada acara tersebut. Dapat juga budaya tersebut dari rumah adatnya, rumah adat dari batak toba memiliki ciri yaitu adanya sepasang gajah dompak pada depan rumah tersebut, dan biasanya disebut dengan "rumah bolon"
http://3.bp.blogspot.com/-TNtKd_xme38/T1yMwtUiSxI/AAAAAAAAACk/EM86ek9COvE/s320/toba.jpg
pakaian adat toba


  • Batak Simalungun
Batak Simalungun memiliki sisi yang berbeda sendiri dari dua jenis batak yang sudah dijelaskan. Kalau dua jenis batak diatas dibawa oleh orang dalam negeri, maka kalau batak simalungun dibawa dari luar yaitu dari daerah pinggiran India sana. Batak Simalungun dapat terbawa karena adanya bangsa India yangakan menyebrang ke Myanmar tetapi mereka melewati daerah Sumatra sana untuk transit, maka sebagian dari mereka ada yang menetap disana, dan disanalah mereka bersosialisasi dan akhirnya terbentuk suku.

Apabila dari kedua jenis batak tersebut memiliki beragam marga didalamnya, maka jika di Simalungun hanya ada satu marga asli dari suku tersebut, dan marga itu ialah "damanik". itu merupakan marga asli dari batak Simalungun. Dan apabila ada jenis marga dari Simalungun, itu merupakan adanya orang-orang dari sekitar wilayah Simalungun yang ikut bergabung dengan kelompok mereka.
Bahasa yang mereka gunakan sendiri ialah "bahasa simalungun" bahasa yang terkesan amat sulit dan berbeda jauh pelafalan dari dua batak yang ada.

Watak dari batak simalungun ini juga watak yang sulit untuk percaya kepada suku batak lainnya dan terkesan pekerja keras. Pada tempo dulu juga sebelum masuknya nilai-nilai agama masuk ke wilayah ini orang simalungun masih mempercayai kekuatan dari benda-benda dan juga roh-roh yang ada. Secara gegografis juga wilayah dari Simalungun ini memiliki tingkat wilayah yang ekstrim yang ada di perbukitan dan curam apabila ingin menuju kesana. Tetapi apabila sudah berada disana akan terlihat hijau dari tanaman yang berada disana. Masyarakat dari simalungun sendiri melakukan cocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cocok tanam seperti padi dan jagung.

Berdasarkan tadi berikut beberapa marga yang ada di wilayah Simalungun :
  • Damanik
  • Purba
  • Sinaga
  • Saragih

http://3.bp.blogspot.com/-ad7kMuc-4dM/T1yPGL3h2aI/AAAAAAAAACs/uHW4dGoEJ5o/s320/simalungun.jpg
ciri dari rumah adat simalungun






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar